• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Hadis dan Al-Qur’an Menjadi Sumber Rujukan Umat Islam

Sering kali satu ayat, atau sejumlah ayat dalam al-Qur'an, turun kepada Nabi Muhammad SAW untuk merespons kasus tertentu atau menjawab pertanyaan tertentu

Redaksi Redaksi
26/06/2023
in Hikmah, Pernak-pernik
0
al-Qur'an dan Hadis

al-Qur'an dan Hadis

431
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Bagi kita, umat Islam, sumber awal dan utama untuk memutuskan pandangan keagamaan adalah al-Qur’an dan Hadis.

Al-Qur’an adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sementara Hadis adalah teladan hidup dari wahyu tersebut dalam bentuk perkataan dan perbuatan Nabi SAW.

Memang al-Qur’an dan Hadis, pada praktiknya, bukanlah satu-satunya sumber, karena ulama juga merujuk kepada banyak sumber yang lain. Keduanya mensyaratkan keimanan kepada Nabi Muhammad SAW terlebih dahulu.

Al-Qur’an memang wahyu Allah SWT, tetapi ia hadir kepada kita melalui Nabi Muhammad SAW. Kita harus beriman kepada Nabi SAW sebagai orang yang jujur dan benar-benar telah menerima wahyu, baru bisa menerima al-Qur’an sebagai wahyu Allah SWT kepada kita umat manusia. Dengan keimanan yang sama kepada Nabi SAW, kita pun menerima Hadis atau Sunnah Rasulullah SAW.

Al-Qur’an turun secara berangsur, selama 23 tahun, dalam dua periode Makkah dan Madinah. Tidak secara langsung dalam satu kitab. Sering kali satu ayat, atau sejumlah ayat dalam al-Qur’an, turun kepada Nabi Muhammad SAW untuk merespons kasus tertentu atau menjawab pertanyaan tertentu. Namun tidak semua demikian.

Baca Juga:

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Pentingnya Narasi Hajar dalam Spiritualitas Iduladha

Ibadah Kurban dan Hakikat Ketaatan dalam Islam

Mitos Israel di Atas Penderitaan Warga Palestina

Pada masa Nabi SAW, al-Qur’an sudah ditulis oleh beberapa sahabat, meski belum sistematis. Tidak juga tersusun dalam satu kitab sebagaimana kita kenal sekarang. Tulisan al-Qur’an, saat itu, tidak menjadi rujukan utama. Karena ba sisnya masih berupa hafalan Nabi SAW dan para Sahabat.

Hampir setiap tahun, yaitu di bulan Ramadan, Nab SAW mengulang hafalan di depan malaikat Jibril as, atau Jibril as di hadapan Nabi Saw atau beberapa sahabat di hadapan Nabi SAW.

Tulisan al-Qur’an yang berserakan itu, pada masa Abu Bakar ra, kemudian dikumpulkan dan disalin ke dalam lembaran berupa kulit yang telah disamak.

Mushaf Hafshah

Pengumpulan ini untuk memastikan semua ayat dan surat al-Qur’an sudah tertulis dan memiliki salinan yang utuh, tidak terpencar dan berpisah-pisah. Salinan ini disebut Mushaf Hafshah bint Umar al-Khattab ra, karena disimpan, dijaga, dan dipelihara oleh beliau.

Merujuk kepada Mushaf Hafshah ra ini, Khalifah Ketiga, Utsman bin Affan ra membuat salinan lagi sebanyak 6 naskah. Ada yang ia simpan, dan sisanya ia kirim ke Makkah, Madinah, Bashrah, Kufah, dan Syam.

Salinan baru ini orang-orang menyebutnya sebagai Mushaf Utsman bin Affan ra atau Mushhaf al-Umm (Kitab Induk). Salinan inilah yang kemudian sampai kepada kita, generasi yang sudah akrab dengan percetakan.

Mushaf Utsman bin Affan ra ini tidak memiliki titik maupun tanda baca. Sehingga masih mungkin kata dan kalimat tertentu membacanya dengan dialek-dialek yang berbeda dari Suku Quraisy yang memang Nabi Saw izinkan.

Oleh Abu Aswad ad-Duali (w. 90 H/708 M), al-Qur’an diberikan titik pada huruf dan harakat atau tanda baca, agar orang-orang yang bukan Arab tidak salah dalam membaca al-Qur’an.

Saat ini, cetakan al-Qur’an sudah lengkap dengan nomor ayat dan surat, tanda berhenti. Bahkan hiasan frame setiap halaman, dan warna-warni tertentu untuk memudahkan para pembaca dan penghafalnya.

Al-Qur’an menamakan sebagai petunjuk (hudan) bagi umat manusia (QS. al-Baqarah (2): 185: Ali Imran (3): 4). Terutama bagi mereka yang meyakininya, mau menjaga, dan melakukan kebaikan-kebaikan (QS. al-Baqarah (2): 2 dan al-A’raf (7): 52). []

Tags: al-quranHadisislamRujukansumberumat
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

KDRT

3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

7 Juni 2025
Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

6 Juni 2025
Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Kritik Asma Barlas

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat

Menelusuri Perbedaan Pendapat Ulama tentang Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Masyarakat Adat

    Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID