Rabu, 20 Agustus 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Konferensi Pemikiran Gus Dur

    Merawat Warisan Gus Dur: Konferensi Pemikiran Pertama Digelar Bersama TUNAS GUSDURian

    Kenaikan Pajak

    Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

    Pengelolaan Sampah

    Ulama Perempuan Serukan Pelestarian Alam dan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

    PIT Internasional

    ISIF Buka Kolaborasi Akademik Global Lewat PIT Internasional

    PIT SUPI

    Mengglobal: SUPI ISIF Jalani PIT di Malaysia dan Singapura

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hari Kemerdekaan

    Hari Kemerdekaan dan Problem Beragama Kita Hari Ini

    Soimah

    Dear Bude Soimah, Tolong Perlakukan Pasangan Anak Laki-lakimu Sebagaimana Manusia Seutuhnya

    Inklusi Sosial

    Inklusi Sosial Penyandang Disabilitas

    Arti Kemerdekaan

    Arti Kemerdekaan bagi Perempuan

    Dhawuh

    Di Bawah Bayang-bayang Dhawuh Kiai: Bagian Dua

    Di Mana Ruang Aman Perempuan

    Refleksi 80 Tahun Kemerdekaan: Di Mana Ruang Aman Perempuan dan Anak?

    Upacara Bendera

    Kesalingan dalam Perayaan; Membaca Upacara Bendera dan Pesta Rakyat di Istana

    Arti Kemerdekaan

    Memugar Kembali Arti Kemerdekaan

    Janji Kemerdekaan

    Dari Pati untuk Indonesia: Mengingatkan Kembali Janji Kemerdekaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Anak Kritis

    Membiasakan Anak Kritis dan Menghargai Perbedaan Sejak Dini

    Tidak Membedakan Anak

    Orangtua Bijak, Tidak Membedakan Anak karena Jenis Kelaminnya

    Kesetaraan Gender

    Pola Pendidikan Anak Berbasis Kesetaraan Gender

    Peran Orangtua Mendidik Anak

    Peran Orangtua dalam Mendidik Anak menurut Pandangan Islam

    Orangtua Mendidik Anak

    Peran Orangtua dalam Mendidik Anak untuk Generasi Berkualitas

    Hakikat Merdeka

    Kemuliaan Manusia dan Hakikat Merdeka dalam Surah Al-Isra Ayat 70

    Pendidikan Anak

    Hak Anak atas Pendidikan

    Reproduksi

    Pentingnya Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Remaja Laki-Laki dan Perempuan

    Perubahan

    Mengenal Perubahan Emosi dan Seksualitas pada Remaja

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Konferensi Pemikiran Gus Dur

    Merawat Warisan Gus Dur: Konferensi Pemikiran Pertama Digelar Bersama TUNAS GUSDURian

    Kenaikan Pajak

    Demokrasi di Titik Nadir: GUSDURian Ingatkan Pemerintah Soal Kenaikan Pajak dan Kebijakan Serampangan

    Musawah Art Collective

    Lawan Pernikahan Anak Lewat Seni: Musawah Art Collective Gelar Trip Exhibition “Breaking the Chain” di Tiga Kota

    Krisis Iklim

    Green Youth Quake: Pemuda NU dan Muhammadiyah Bergerak Lawan Krisis Iklim

    ‘Aisyiyah Bojongsari

    ‘Aisyiyah Bojongsari Rayakan HAN dan Milad ke-108 Lewat Lomba dan Diskusi

    KOPRI

    Buka Perspektif Geopolitik Kader Perempuan, KOPRI Bedah Buku 75 Tahun Indonesia Tiongkok

    Pengelolaan Sampah

    Ulama Perempuan Serukan Pelestarian Alam dan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

    PIT Internasional

    ISIF Buka Kolaborasi Akademik Global Lewat PIT Internasional

    PIT SUPI

    Mengglobal: SUPI ISIF Jalani PIT di Malaysia dan Singapura

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hari Kemerdekaan

    Hari Kemerdekaan dan Problem Beragama Kita Hari Ini

    Soimah

    Dear Bude Soimah, Tolong Perlakukan Pasangan Anak Laki-lakimu Sebagaimana Manusia Seutuhnya

    Inklusi Sosial

    Inklusi Sosial Penyandang Disabilitas

    Arti Kemerdekaan

    Arti Kemerdekaan bagi Perempuan

    Dhawuh

    Di Bawah Bayang-bayang Dhawuh Kiai: Bagian Dua

    Di Mana Ruang Aman Perempuan

    Refleksi 80 Tahun Kemerdekaan: Di Mana Ruang Aman Perempuan dan Anak?

    Upacara Bendera

    Kesalingan dalam Perayaan; Membaca Upacara Bendera dan Pesta Rakyat di Istana

    Arti Kemerdekaan

    Memugar Kembali Arti Kemerdekaan

    Janji Kemerdekaan

    Dari Pati untuk Indonesia: Mengingatkan Kembali Janji Kemerdekaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Anak Kritis

    Membiasakan Anak Kritis dan Menghargai Perbedaan Sejak Dini

    Tidak Membedakan Anak

    Orangtua Bijak, Tidak Membedakan Anak karena Jenis Kelaminnya

    Kesetaraan Gender

    Pola Pendidikan Anak Berbasis Kesetaraan Gender

    Peran Orangtua Mendidik Anak

    Peran Orangtua dalam Mendidik Anak menurut Pandangan Islam

    Orangtua Mendidik Anak

    Peran Orangtua dalam Mendidik Anak untuk Generasi Berkualitas

    Hakikat Merdeka

    Kemuliaan Manusia dan Hakikat Merdeka dalam Surah Al-Isra Ayat 70

    Pendidikan Anak

    Hak Anak atas Pendidikan

    Reproduksi

    Pentingnya Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Remaja Laki-Laki dan Perempuan

    Perubahan

    Mengenal Perubahan Emosi dan Seksualitas pada Remaja

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

Menavigasi Tantangan dan Potensi Pendidikan Inklusif di Indonesia: Integrasi Prinsip ESG untuk Masa Depan

Pendidikan inklusif tidak hanya mendidik anak dengan kebutuhan khusus tetapi juga mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya inklusivitas

Aida Mudjib Aida Mudjib
2 Mei 2025
in Featured, Publik
0
Pendidikan Inklusif

Pendidikan Inklusif

981
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam rangka memperingati 65 tahun Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kita diingatkan kembali akan komitmen negara dalam memajukan pendidikan di Indonesia sejalan dengan semangat Ki Hajar Dewantara yang menekankan pentingnya pendidikan untuk semua. Tahun ini, momentum Hardiknas dapat menjadi kesempatan emas untuk merefleksikan sejauh mana pencapaian dan tantangan pendidikan inklusif di Indonesia

Sejarah pendidikan inklusif di Indonesia telah mulai secara resmi melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 70 tahun 2009. Tetapi setelah satu setengah dekade praktiknya masih jauh dari ideal. Pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi berbagai tantangan meskipun sudah memiliki dasar hukum kuat.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak anak yang terhalang untuk mendapatkan pendidikan yang layak karena berbagai hambatan. Seperti stigma sosial dan kurangnya fasilitas serta sumber daya. Tantangan ini mencakup kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan inklusif. Lalu kurangnya tenaga pendidik yang terlatih, dan infrastruktur di berbagai wilayah yang belum memadai.

Dalam menghadapi tantangan pendidikan inklusi di Indonesia, penerapan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) menawarkan sebuah pendekatan holistik yang berpotensi membawa keberhasilan. ESG tidak hanya menekankan pada keberlanjutan lingkungan, tetapi juga pada inklusivitas sosial dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Di tengah keragaman geografis dan etnografis yang luas, Indonesia berada di posisi unik untuk mengintegrasikan ESG ke dalam sistem pendidikannya. Yakni dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang adil, inklusif, dan dapat diakses oleh semua individu, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Pendekatan ini memungkinkan sekolah dan institusi pendidikan untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga untuk mempersiapkan generasi masa depan yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

Integrasi Prinsip ESG dalam Pendidikan Inklusif

Pertama, aspek Sosial : Meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan inklusif adalah langkah awal yang vital. Dalam konteks sosial, pendidikan inklusif tidak hanya mendidik anak-anak dengan kebutuhan khusus tetapi juga mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya inklusivitas.

Program sosialisasi yang efektif dapat membantu mengurangi stigma dan mempromosikan nilai-nilai keberagaman di sekolah-sekolah. Hal ini termasuk program pelatihan untuk guru, kampanye kesadaran di media, dan keterlibatan komunitas lokal untuk mendukung integrasi di sekolah.

Kedua, aspek Governance: Pemerintah harus memainkan peran kunci dalam mengatur dan memastikan bahwa pendidikan inklusif tidak hanya menjadi kebijakan di atas kertas. Hal ini mencakup pelaksanaan regulasi yang mendukung pendidikan inklusif, pengawasan yang efektif, dan penegakan kebijakan yang konsisten di seluruh negeri.

Pemerintah juga harus memastikan bahwa ada sumber daya yang cukup, baik finansial maupun manusia, untuk implementasi pendidikan inklusif, termasuk insentif dan subsidi, pelatihan bagi pendidik dan penyediaan fasilitas yang sesuai.

Ketiga, aspek Lingkungan (Environmental): Pembangunan infrastruktur pendidikan yang ramah lingkungan dan aksesibel secara universal harus menjadi prioritas. Ini melibatkan rancang bangun sekolah yang memperhatikan kebutuhan siswa dengan disabilitas dan menggunakan bahan bangunan yang mendukung pembangungan berkelanjutan (SDGs).

Sekolah harus kita rancang sedemikian rupa sehingga mudah terakses oleh semua siswa, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, dengan fitur seperti pintu geser dan lebar, gedung tanpa tangga, dan toilet yang aksesibel.

Solusi yang Dapat Diterapkan untuk Pendidikan Inklusif

– Pelatihan Guru: Mengadakan pelatihan berkelanjutan bagi guru mengenai teknik pengajaran inklusif dan sensitivitas keberagaman sangat penting.

Pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan guru dalam menyesuaikan metode pengajaran mereka untuk mendukung semua siswa, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus. Ini mencakup pelatihan dalam teknik pedagogi, manajemen kelas, dan penggunaan teknologi yang mendukung pembelajaran inklusif.

– Alokasi Anggaran: Pemerintah perlu mengalokasikan anggaran khusus untuk mengembangkan infrastruktur pendidikan inklusif dan pelatihan pendidik.

Anggaran ini harus mencakup pembangunan fasilitas fisik yang aksesibel, pengadaan alat bantu belajar, dan sumber daya lain yang mendukung kebutuhan siswa dengan disabilitas. Investasi ini akan memastikan bahwa sekolah memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan inklusif.

– Kerja Sama Multi-sektor: Kerja sama antar sektor sangat penting untuk mendukung implementasi efektif dari pendidikan inklusif. Ini melibatkan kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan bahkan sektor swasta.

Kerja sama ini dapat mencakup berbagi sumber daya, keahlian, dan best practices. Dengan mendukung satu sama lain, berbagai pihak dapat mempercepat pengintegrasian pendidikan inklusif di seluruh sistem pendidikan.

Belajar dari Negeri Jiran

Program SG Enable di Singapura merupakan contoh nyata dari penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) dalam kebijakan pendidikan inklusif untuk penyandang disabilitas.

Program SG Enable di Singapura adalah inisiatif yang sesuai dengan prinsip-prinsip ESG, terutama dalam aspek sosial dan governance, yang menargetkan integrasi dan pemberdayaan penyandang disabilitas dalam masyarakat. Dibentuk oleh pemerintah Singapura, SG Enable bertujuan untuk memfasilitasi penyandang disabilitas dengan sumber daya yang diperlukan untuk hidup berkualitas.

Program ini mencakup berbagai aspek pendidikan dan pelatihan yang terancang untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan kerja penyandang disabilitas. Misalnya, program ini menawarkan pelatihan kejuruan yang kita sesuaikan dengan minat dan kemampuan, sehingga tidak hanya meningkatkan keahlian kerja tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam kemampuan mereka untuk berkontribusi di tempat kerja.

Selain itu, SG Enable menyediakan dukungan teknologi adaptif yang memungkinkan akses yang lebih baik ke pendidikan dan peluang kerja. Lalu mengurangi hambatan yang penyandang disabilitas hadapi di masyarakat.

Dari segi governance, SG Enable kita kendalikan melalui kerangka kebijakan yang memastikan program tersebut berjalan secara efisien dan efektif. Pemerintah Singapura menjamin bahwa inisiatif tersebut mendapat dukungan anggaran yang memadai dan kerjasama antar berbagai lembaga pemerintah dan swasta.

Hal ini menciptakan ekosistem yang mendukung. Di mana organisasi dapat berkolaborasi untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas. Program ini juga menekankan pada inklusi sosial dan mengurangi stigma terhadap penyandang disabilitas, membuka jalan bagi masyarakat yang lebih inklusif dan beragam.

Dengan mempromosikan kesadaran dan penerimaan terhadap penyandang disabilitas, SG Enable membantu menciptakan lingkungan yang lebih mendukung dan penuh peluang bagi semua warga negara. Indonesia dapat mengambil pelajaran berharga dari SG Enable dalam mengatasi tantangan pendidikan inklusif.

Indonesia bisa mulai memperkuat ekosistem pendukung bagi penyandang disabilitas. Keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan, termasuk lembaga sosial dan komunitas, akan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan membantu mewujudkan pemberdayaan bagi semua individu. []

 

 

 

Tags: Hari Pendidikan NasionalIndonesiakeadilanKesetaraanPendidikan InklusifPrinsip ESG
Aida Mudjib

Aida Mudjib

Aida Mudjib adalah seorang santriwati difabel asal Jombang Jawa timur dan mahasiswa Fisipol di Universitas Gadjah Mada, yang memiliki peran aktif dalam dunia literasi. Ia dikenal sebagai peresensi buku, editor sastra pesantren dan penulis. Ia juga aktif dalam mengadvokasi hak-hak penyandang disabilitas (PwD) dan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung inklusi dan mengatasi segresi terhadap individu dengan kebutuhan khusus.

Terkait Posts

Hari Kemerdekaan
Publik

Hari Kemerdekaan dan Problem Beragama Kita Hari Ini

20 Agustus 2025
Soimah
Keluarga

Dear Bude Soimah, Tolong Perlakukan Pasangan Anak Laki-lakimu Sebagaimana Manusia Seutuhnya

20 Agustus 2025
Kesetaraan Gender
Hikmah

Pola Pendidikan Anak Berbasis Kesetaraan Gender

19 Agustus 2025
Hakikat Merdeka
Hikmah

Kemuliaan Manusia dan Hakikat Merdeka dalam Surah Al-Isra Ayat 70

19 Agustus 2025
Upacara Bendera
Personal

Kesalingan dalam Perayaan; Membaca Upacara Bendera dan Pesta Rakyat di Istana

19 Agustus 2025
Kemerdekaan
Publik

Kemerdekaan dan Iman Katolik: Merawat Persaudaraan dalam Kebhinekaan

18 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Soimah

    Dear Bude Soimah, Tolong Perlakukan Pasangan Anak Laki-lakimu Sebagaimana Manusia Seutuhnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Arti Kemerdekaan bagi Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Inklusi Sosial Penyandang Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membiasakan Anak Kritis dan Menghargai Perbedaan Sejak Dini

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Orangtua Bijak, Tidak Membedakan Anak karena Jenis Kelaminnya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hari Kemerdekaan dan Problem Beragama Kita Hari Ini
  • Merawat Warisan Gus Dur: Konferensi Pemikiran Pertama Digelar Bersama TUNAS GUSDURian
  • Dear Bude Soimah, Tolong Perlakukan Pasangan Anak Laki-lakimu Sebagaimana Manusia Seutuhnya
  • Membiasakan Anak Kritis dan Menghargai Perbedaan Sejak Dini
  • Inklusi Sosial Penyandang Disabilitas

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID