Mubadalah.id – Melalui al-Qur’an surat an-Nisa’ ayat 3, Islam hadir mengkritik ketimpangan dan ketidakadilan dari praktik poligami. Terutama ketimpangan dan ketidakadilan yang perempuan alami.
Semangat dari ayat an-Nisa’ bukanlah pada soal restu poligami. Tetapi pada kritik terhadap ketidakadilan dan ketimpangan yang sering terjadi pada praktik poligami. Semangat ini yang semestinya hidup kembali dalam membicarakan perkawinan poligami dalam Islam.
Dalam konteks ini, kita bisa mengutip berbagai pandangan penafsiran para ulama klasik dalam kitab-kitab tafsir rujukan. As-Samarqandi (w. 375H) misalnya menyatakan dalam penjelasannya terhadap ayat poligami (QS. an-Nisa’, (4): 3):
“(Orang-orang) sudah terbiasa mengawini perempuan sejumlah yang mereka suka, kemudian turunlah ayat ini. Maksud ayat adalah jika kamu takut untuk tidak bisa berbuat adil terhadap para anak yatim, kamu juga hendaknya takut untuk tidak berbuat adil terhadap istri-istri, jika kamu berpoligami.”
Dalam penjelasannya, ayat an-Nisa’ turun justru karena orang-orang pada saat itu mempraktikkan poligami sesuka mereka. Mereka takut tidak bisa belaku adil terhadap anak yatim, tetapi tidak takut terhadap perempuan.
Ketidaktakutan ini yang dikritik ayat an-Nisa’. Dalam pandangan Imam al-Baidhawi juga, ayat an-Nisa’ turun untuk memperingatkan dan mengkritik ketidak-kuatiran masyarakat terhadap perilaku poligami.
“Nikahlah sejumlah perempuan sesuai dengan kemampuan kamu, yang memungkinkan kamu bisa memenuhi kewajiban. Orang yang takut akan suatu dosa, ia semestinya menjauhi dari segala kemungkinan dosa.”
“Ketika Allah menganggap perlakuan terhadap Anak yatim sebagai sesuatu yang besar, banyak orang merasa kuatir untuk memelihard mereka. Tetapi mereka tidak pernah merasa kuatir terhadap poligami, yang sebenarnyi juga berpotensi terjadinya perlakuan semena-mena. Ayat ini turun untuk memberi peringatan terhadap kemungkinan perlakuan semena-mena tesebut.” []