Mubadalah.id – Penulis ingin mengawali tulisan ini dengan disclaimer. Tulisan ini bukan berarti sebagai ajakan untuk memiliki sikap tertutup untuk mengambil teladan dari perempuan lain yang berasal dari non-kalangan kita, atau non-muslim. Namun, ini tulisan ini menjadi penegasan bahwa lingkungan muslim sebenarnya telah mencontohkan sosok perempuan dengan kapasitas dan kemampuan yang bisa menjadi perempuan hingga hari ini.
Kitab Al Busyro fi Manaqib Sayyidah Khadijah al-Kubro adalah karya yang memuat tentang biografi Sayyidah Khadijah. Berbagai hal dibahas pada kitab ini seperti; nasab, perilaku-perilaku mulia dari Sayyidah, masa-masa terpikat dengan Baginda Nabi Muhammad, pernikahan, kisah saat menemani Baginda Nabi mendapatkan wahyu.
Lalu kisah tentang Sayyidah sebagai wanita istimewa, kesetiaan Baginda Nabi dengan Sayyidah, kisah bersama Jibril, dan wafatnya Sayyidah Khadijah.
Kitab Al Busyro ini salah satu yang perlu terbaca secara serius oleh perempuan, agar lebih mengenal bagaimana perempuan ditempatkan dalam tradisi Islam. Sebab, secara terperinci, Imam Maliki selaku penulis melakukan deskripsi yang cukup mudah kita pahami, sehingga lebih mudah untuk kita refleksikan dalam konteks kebutuhan perempuan hari ini.
Sebelum lebih jauh, namun tulisan ini tidak akan mengambil banyak dari berbagai bagian, justru hanya pada Muqaddimah yang bisa diuraikan menjadi refleksi yang lebih panjang.
Pepeling dalam Kitab Al Busyro
Syekh Ali Al Maliki Al Hasani sebagai pengarang kitab Al Busyo menyampaikan berbagai hal yang sederhana namun cukup penting, atau bisa menjadi pepeling. Pepeling ini lebih tepatnya untuk mereka yang bernafas dengan hiruk pikuk perkembangan zaman.
Masa membawa kira rawan terjebak dalam berbagai hal yang agaknya kurang baik untuk diteruskan. Ngaji yang cukup santai, narasi sederhana namun jika kita cermati mendalam, semuanya adalah daging.
Pada satu kesempatan, Imam Ali Al Maliki Al Hasani dalam Muqaddimah-nya menjelaskan mengenai kemuliaan Khadijah hadir sebab beliau telah menemani, melayani dan menyaksikan wahyu yang turun terhadap Nabi. Hal tersebut menjelaskan lebih lanjut tentang banyak hal yang nampaknya perlu kita teladani dari sosok beliau.
Lebih panjang lagi, narasi tentang kemuliaan Khadijah sepertinya mirip dengan narasi “barang siapa yang dekat dengan penjual minyak wangi, maka ia akan wangi. Barang siapa yang akan dekat dengan bunga bangkai, maka akan bau busuk.”
Agaknya, narasi dari Imam Ali Al Maliki Al Hasani perlu menjadi pepeling kembali, bahwa terus melibatkan diri dengan orang-orang yang memiliki kredibilitas yang baik juga akan berpengaruh terhadap pembentukan diri.
Namun, bukan berarti ada ajaran diskriminasi atau melahirkan fragmen-fragmen. Namun, dengan berkumpul dengan circle yang tepat dan memiliki kredibilitas yang baik juga harapannya akan memicu kebijaksanaan. Kebijaksanaan ini. Di mana selanjutnya akan melahirkan kemahiran untuk menghadapi semua golongan.
Pancaran Kebijaksanaan
Masih dalam kebijaksanaan. Imam Ali Al Maliki Al Hasani juga merepresentasikan sosok yang mulia dengan ilmu dari pancaran kebijaksanaan yang ia miliki. Hal tersebut terindikasi dari ungkapan “bahwa semua ini tidak akan terealisasi tanpa kehendakNya.”
Namun dalam waktu yang sama juga menyampaikan berbagai usahanya untuk melahirkan karya yang berkualitas. Yakni dengan mencari dasar dan sumber yang memiliki kredibilitas yang tinggi. Pola semacam ini memang sudah dihadirkan oleh para ulama yang melahirkan sebuah karya.
Manifestasi kebijaksanaan beliau di antaranya adalah sekelumit narasi di atas. Kebijaksanaan tampaknya menjadi penting untuk menjadi satu orientasi yang terus kita upayakan. Kebijaksanaan ini bisa lahir dari mindset yang baik.
Seperti apa yang telah Ustadzah Puput jelaskan pada sesi Ngaji Al Busyro; “jangan buru-buru menilai orang yang kelihatannya maksiat terus lebih jelek dari pada kita. Kita perlu menghadirkan mindset yang positif dalam berbagai hal.
Sebenarnya jika kita refleksikan, kebijaksanaan ini berposisi sebagai muara. Keadilan, kemampuan menahan diri, dan berfikir positif serta hal baik yang belum terdiksusikan di sini terangkum dalam kebijaksanaan. Bekal sekaligus instrumen yang bisa kita gunakan untuk melewati banyak kondisi dalam kehidupan.
Namun, kira-kira lewat jalan mana kita bisa memperoleh kebijaksanaan itu? Atau dengan cara seperti apa agar kita selalu mampu mengorientasikan diri pada kebijaksanaan? Wallahu’alam bishawab. []