Mubadalah.id – Barangkali apa yang diulas oleh Prof. Quraish Shihab dalam video ini masih sulit diterima oleh banyak muslim, tentang sikap toleransi ala Nabi dan kisah perjanjian Najran. Jangankan membantu memperbaiki gereja yang rusak, sekedar datang memberikan sambutan bernada tausiyah saja, banyak netizen yang menghujat Gus Miftah.
Perjanjian Najran dalam ulasan Prof.Quraish Shihab juga adalah ungkapan rasa terimakasih Nabi. Sebagaimana umumnya muslim yang belajar sejarah Nabi mengingat, pada awal masa kenabian, ketika beliau dan para sahabat masa awal mengalami penolakan keras dan selalu mendapatkan ancaman di Makkah, beliau sempat hijrah dan mendapat perlindungan dari penguasa Habasya yang beragama Kristiani.
Sayang, tampaknya banyak muslim saat ini, kurang atau bahkan tidak berminat belajar dari sejarah Perjanjian Najran (bukan sekedar tentang sejarah) dan mengambil uswah, tauladan dari sana: Hutang budi di balas dengan budi, ini tampak jelas dalam pernyataan “…seperti keluarga sendiri..” dan “…sampai akhir zaman”.
Al Quran sendiri memiliki pandangan yang sangat simpatik pada keragaman. Misalnya dalam Al Maidah 8, 48 dan masih banyak yang lain. Terkait dengan rumah ibadah bisa dicek dalam surat al Hajj 40.
Dulu saya sering heran mengapa ayat-ayat seperti ini jarang disinggung, padahal masyarakat Indonesia pendengarannya sangat akrab dengan semboyan bhinneka tunggal ika?
Sudah dipahami umum, air beriak tanda tak dalam. Maka dapat dipahami pula mengapa mereka yang suka menghujat mengira bahwa soal keyakinan itu seperti selera pada mode baju yang mudah menular seluruh jagat. Atau mereka mengira bila bergaul akrab dengan kalangan umat beragama lain akidahnya melemah.
Orang-orang yang memiliki anggapan seperti ini sangat mungkin mereka mendapat asupan informasi agama bernada Islamisme-politis, dan minim menjalin hubungan dengan penganut agama yang berbeda sehingga banyak sekali kekhawatirannya.
Sebenarnya terdengar agak lucu bila dinalar, sesuatu yang mudah menular tentu namanya bukan keyakinan yang membutuhkan penyadaran kuat. Atau justru di sini masalahnya. Banyak yang belum selesai dengan dirinya yang berdampak pada cara beragamanya.
Ketakutan dan kekhawatiran biasanya terjadi karena besarnya ketidaktahuan, bukan hanya secara kognitif, tetapi secara batiniah tertutup pada liyan, yang menunjukkan ada yang belum selesai dalam proses menjadi diri yang dewasa, yang berdampak pada proses pendewasaan dalam beragama. Bila telah selesai dengan diri sendiri tentu tidak ada lagi kekhawatiran, apalagi ketidaksukaan pada liyan dan pergaulan yang sebenarnya soal biasa.
Mereka yang telah selesai dengan dirinya, mereka yang beragama dengan ikhlas melihat tauladan seperti ini akan merasakan betapa Sang Panutan berjiwa besar mencontohkan merdeka dari himpitan ego. Inilah welas asih.
Dan saya tidak sepakat dengan sikap membalas hujatan dengan hujatan atau nyinyiran dan ejekan. Menurut saya itu tidak membantu banyak orang. Banyak netizen yang membutuhkan kebijaksanaan anda, terutama anda yang banyak ilmu.
*)Catatan : Informasi dari Prof. Muhamad Machasin dari laman Fb beliau, materi yang disampaikan Prof. Quraish Shihab terdapat juga dalam kitab Tariikh al Madiinah, ulasan ‘Umar ibn Syaibah (wafat 262 H). []